Mata
Kuliah : Evaluasi perkambangan anak usia
dini
Semester : IX (Sembilan)
Waktu :
120 menit
Tutor : Drs. MOZZA HAMZA, Mpd
![]() |
|||
![]() |
JAWABLAH DENGAN PENJELASAN YANG SINGKAT
!

1.
Mengapa Asesmen sangat tepat untuk mengetahui
perkembangan anak usia dini ? Jelaskan !
2.
Jelaskan kode etik dalam membuat dokumentasi
melalui Asesmen !
3.
Sebutkan tujuan kusus Asesmen !
4.
Sebutkan contoh tes untuk mengukur perkembangan
anak pra sekolah usia 1 – 6 tahun !
5.
Komponen sistem Asesmen terdiri dari tes
standart dan strategi Asesmen informal.
Jelaskan masing-masing !
6.
Sebutkan dan jelaskan 3 kelompokdalam melakukan
observasi !
7.
Agar dapat melaksanakan observasi dengan benar
observer harus menggunakan acuan sbb :
8.
Berikan contoh hasil observasi di lembaga
masing-masing dengan menggunakan teknik :
a.
Running record prilaku anak
b.
Narasi guru
9.
Jelaskan dan berikan contoh gros motor skills
dan fine motor skills !
10.
Sebutkan beberapa alasan tentang fungsi
perkembangan motorik bagi perkembangan individu.
11.
Dalam perkembangan fisik fenotorik, yang mengatr
dan mengontrol aktifitas anak adalah otak.
Sebutkan fungsi lima pusat
kontrol di otak !
12.
Pada perkembangan fisik / motorik masa bayi,
gerakan-gerakan apa yang mulai tampak ? Jelaskan !
13.
Pada bayi 0 – 1 tahun mengalami gerakan reflek
awal, sebutkan dan jelaskan !
14.
Sebutkan teknik pengumpulan data perkembangan
fisik / motorik pada anak usia dini dengan strategi asesmen informal !
15.
Teknik analisis data asesmen ada 4 tahap yang
harus di lakukan. Sebutkan dan jelaskan !
0 komentar:
Posting Komentar