PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS PENDIDIKAN
KANTOR UPTD
PENDIDIKAN KECAMATAN CLURING
SOAL TES TULIS GURU /
KEPALA SEKOLAH PRESTASI
TINGKAT KECAMATAN
CLURING
TAHUN 2012
(Waktu :90 menit)
Pilihlah
jawaban yang di anggap paling tepat dengan membubuhkan tanda silang (X) pada
lembar
jawaban yang disediakan.
1.
Struktur
kurikulum SD/ MI yang berlaku saat ini di susun berdasar standart kompetensi
lulusan
dan kompetensi mata pelajaran yang
memuat ...
a. 8
mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
b. 9
mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
c. 10 mata pelajaran, muatan lokal dan
pengembangan diri
d. 10 mata pelajaran dan muatan lokal sesuai
kebutuhan sekolah
2. Jumlah jam pelajaran
matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas Vl perminggu
adalah ...
a. 8
b. 9
c. 10
d. 12
3. Dalam penyusunan KTSP di awali
dengan rapat kerja tim untuk membuat analisis konteks
yang bertujuan...
a. Membudidayakan sekolah satu dengan sekolah
lain sebagai gambaran kerja.
b. Mengadopsi dan mengadaptasi KTSP yang sudah
jadi.
c.Menentukan peluang dan tantangan kekuatan
dan kelemahan yang ada di sekolah.
d. Mengkordinasikan antara perencanaan yang
dibuat tim dengan dinas pendidikan
terkait.
4. Untuk pembelajaran tematik
kelas 1,2,3 alokasi waktu diatur dengan
pembobotan...
a. 50% untuk membaca, menulis, berhitung 15% agama 35% untuk mata pelajaran yang
lainnya.
b. 40% membaca, menulis, berhitung 10% agama
50% mata pelajaran yang lainya.
c. 50% membaca,menulis, berhitung 20% agama
30% mata pelajaran lainya.
d. 40% membaca, menulis, berhitung 20% agama
40% mata pelajaran lainya.
5. Salah satu kriteria kenaikan
kelas adalah...
a.
Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 20% dari mata
pelajaran yang diajarkan.
b. Jumlah mata pelajaran yang
belum tuntas tidak boleh lebih dari 25% dari mata
pelajaran yang diajarkan.
c.
Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 30% dari mata
pelajaran yang di ajarkan.
d. Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas
tidak boleh lebih dari 35% dari mata
pelajaran yang di ajarkan.
6. Pembuatan Silabus harus mencangkup...
a. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran,
Penilaian.
b. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran,
Indikator.
c. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran,
Indikator penilaian, Sumber belajar.
d. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran,
Indikator penilaian,Alokasi waktu dan sumber
belajar.
7. Dalam penentuan KKM harus
mempertimbangkan beberapa aspek yaitu...
a. Pendidik, Sarana prasarana, Potensi siswa.
b. Kompleksitas, Sumber daya pendukung dan potensi siswa.
c. kompleksitas, Pendidik dan Instake
d. Kompleksitas, Sarana prasarana dan potensi
siswa
8. Formulasi pengisian nilai
raport harus mempertimbangkan nilai...
a. Formatif + UTS + UAS
b. Formatif + tugas + UAS
c. Formatif + UTS + UAS + tugas
d. Formatif + UTS + UAS +portofolio
9. Proses pembelajaran PAIKEM sesuai dengan
Permendiknas no. ...
a. 29 tahun 2007
b. 33 tahun 2007
c. 40 tahun 2007
d.
41 tahun 2007
10. Pembelajaran PAIKEM mempunyai
4 karakteristik yaitu...
a. Interaksi, Komunikasi,
Refleksi dan introspeksi.
b. Mengalami, Komunikasi,
Interaksi, Refleksi.
c. Komunikasi, Interaksi,
Refleksi, Eksplorasi.
d. Interaksi, Refleksi,
Elaborasi, Eksplerasi.
11. Dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, kegiatan
penutup.Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian sesuai silabus termasuk
pada kegiatan...
a.Pendahuluan
b. Inti
c. Penutup
d. Pendahuluan, inti dan
penutup
12. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik antara
peserta didik dengan
guru, lingkungan dan sumber belajar lainya
termasuk...
a.Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
d. Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
13. Guru memberikan umpan balik dan penguatan dala bentuk lisan,
tulisan, isarat maupun
hadiah terhadap keberhasilan siswa
termasuk...
a.Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi.
b.Elaborasi.
c.Konfirmasi.
d.Eksplorasi.
14. Guru yang profesional perlu memiliki 8 ketrampilan dasar dalam
mengajar.Salah satu
ketrampilan itu adalah...
a.Membuat alat peraga.
b.Membuat soal.
c. Menjelaskan.
d. Merefleksi.
15. Guru memajangkan hasil karya siswa di setiap kelas.Hal ini termasuk
karakteristik PAIKEM...
a. Mengalami.
b. Komunikasi.
c. Interaksi.
d. Refleksi.
16. Sistematika proposal penelitian tindakan kelas meliputi ...
a. Judul PTK, Latar belakang
masalah, Perumusan masalah, tujuan penelitian.
b. Judul PTK, Pendahuluan,
Latar belakang masalah, perumusan masalah.
c. Judul PTK, Pendahuluan, Kajian teori, Perumusan masaah,
Metode penelitian.
d. Judul PTK, Pendahuluan,
Kajian teori, Metode penelitian.
17. “Apakah dengan pembelajaran strategi inkuiri siswa lebih bersemangat
mengikuti pelajaran
IPA”.Statemen diatas termasuk ...
a.Latar belakang masalah.
b.Identifikasi masalah.
c. Rumusan masalah.
d. Masalah yang di teliti.
18. PTK merupakan kegiatan yang menggunakan siklus berkelanjutan dalam
setiap siklus urutan yang
Benar adalah...
a. Permasalahan,
Perencanaan, Pelaksanaan, Refleksi.
b. Permasalahan,
Perencanaan, Pengamatan, Refleksi.
c. Perencanaan, Pelaksanaan,
Pengamatan, Refleksi.
d. Perencanaan, Pengamatan,
Permasalahan, Refleksi.
19. Kegiatan teori yang berkaitan dengan masalah dan tindakan yang di
lakukan terdapat di !
a. Bab I
b. Bab II
c. Bab III
d. Bab IV
20. Penelitian tindakan kelas bisa dilakukan jika.
a. siswa tidak menguasai
materi yang di ajarkan.
b. Ada kesenjangan antara
teori pembelajaran dengan hasil yang diharapkan.
c. Guru tidak berhasil dalam
mengajari.
d. Nilai rata – rata US
sangat rendah.
21. Pak Tono memberi angka tujuh kepada Amin pada saat ulangan harian
mata pelajaran IPA .
yang dilakukan pak tono termasuk dalam
kegiatan ...
a. Tes
b. Pengukuran
c. Asesmen
d. Evaluasi
22. Hasil tes formatif dapat dilakukan untuk...
a. menemukan kesulitan belajar siswa
b. memperbaiki kelemahan guru
c. menilai prestasi siswa
d. memperbaiki program pembelajaran
23. Keunggulan tes uraian jika dibandingkan dengan tes objektif
adalah...
a. Adanya unsur subjektifitas dalam pemberian
sekor
b. dapat mengukur semua jenjang dalam
ranah koqnitif
c. tepat untuk mengukur ranah koqnitif
tingkat tinggi
d. sukar dikontruksi
24. Kapan guru menetapkan kreteria penilaian ?
a. sebelum pembelajaran
b. awal pembelajaran
c. di tengah pembelajaran
d. akhir pembelajaran
25. Anto adalah anak yang pandai mata pelajaran matematika, maka guru
cenderung memberi
sekor tinggi pada mata
pembelajaran IPA. Dalam pemeriksaan hasil tes uraian ini dikenal
dengan istilah...
a. Hallo effect
b. Order effect
c. Carry over effect
d. Testto test hallo effect
26. Salah satu ciri guru mempunyai kopentensi Pedagogik yaitu :
a. Berkemusukasi secara
aktif, efektif, empatik terhadap siswa
b. Menguasai materi,
struktur, konsep dalam pola pikir keilmuan
c. menguasai teori belajar
dan prinsip – prinsip pembelajaran yang mendidik
d. menjunjung kode etik guru
27. Seorang guru menunjukkan etos kerja yang tinggi, tanggung jawab,
rasa bangga sebagai
guru dan rasa percaya diri maka guru
tersebut memiliki kopetensi ...
a. Pedagogik
b. kepribadian
c. sosial
d. profesional
28. Guru diharapkan dapat menguasai dalam pembuatan silabus, RPP,
membuat alat perang
dan media pembelajaran secara kreatif,
termasuk ciri – ciri kopetensi...
a.pedagogik
b. kepribadian
c. sosial
d. profesional
29. Faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan kisi – kisi tes
adalah tersebut dibawah
ini, kecuali...
a. penelitian sampel materi
yang akan diujikan
b. penguasaan materi siswa
c. jumlah butir soal yang
akan dibuat
d. waktu ujian yang di sediakan
30. Untuk memiliki kompetensi siswa menghayati puisi maka jenis kegiatan
yang tepat berupa.
a. tugas membuat puisi
b. tugas mengumpulkan karya puisi
c. tugas membaca puisi
d. mengisi skala sikap dalam bacaan puisi
31. Perbedaan antara tes formatif dan tes diagnostik adalah...
a. tes formatif untuk
menilai keberhasilan siswa, tes diagnostik untuk mengetahui
kesulitan
belajar siswa
b. tes formatif dilaksanakan
di tengah program, tes diagnostik dilaksanakan di akhir program
c. tes formatif dilaksanakan secara
klasikal, tes diagnostik dilaksanakan secara individual
d. tes formatif untuk
memonitor pelaksanaan program, tes diagnostik untuk memonitor
kesulitan belajar siswa
32. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 19 tahun 2005 adalah
tentang ...
a. Sistem Pendidikan Nasional
b. Standar Nasional Pendidikan
c. Standar Penilaian Pendidikan
d. Standar Kompetensi Lulusan
33. Pembuatan silabus , RPP dan metode pembelajaran kita tentukan
dalam...
a. Standar Isi
b. Standar Proses
c. Standar Penilaian
d. Standar Lulusan
34. Tujuan pendidikan nasional berdasar undang – undang RI no 20 tahun
2003 adalah...
a. Mengambangkan kemampuan, membentuk watak
dan peradapan bangsa yang
bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
b.
Berkembangnya potesi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa
kepada tuhan Yang Maha Esa, berahlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri
menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab
c. Berkembangnya siswa yang
demokratis dan berkeadilan serta tidak deskriminatif
dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia,
nilai keagamaan, nilai kultural dan
majemukan bangsa
d. Sebagai mamfestasi dari
pengamalan nilai – nilai Pancasila dan Undang – undang
Dasar Negara Repuplik
Indonesia tahun 1945
35. Agar guru dapat melaksanakan tugas dengan profesional maka harus selalu meningkatkan
kemampuannya, khususnya dalam penguasaan
...
a. Ilmu pengetahuan dan teknologi
b. Bidang ilmu yang di tempuh
c. Proses pembelajaran dikelas
d. Psikologi perkembangan untuk memahami
karakter siswa
36. Guru yang profesional harus memiliki ciri – ciri sebagai berikut,
kecuali...
a. memiliki empat kompetensi guru
b. memiliki kemampuan bahan ajar dan
metode pembelajaran
c. selalu banyak membantu teman guru yang
akan naik pangkat
d. bertanggung jawab terhadap hasil
belajar siswa
37. Agar pelaksanaan penilaian berjalan dengan, transparan maka
di[perlukan persiapan serta
sistem penilaian yang dapat
menjamin objektifitas secara maksimal, langkah yang harus
disiapkan oleh guru sebelum
membuat soal adalah...
a. membuat kisi – kisi soal
b. menentukan jumlah soal
c. menentukan kriteria
penilaian
d. menentukan indikator
penilaian
38. Pernyataan di bawah ini tidak termasuk penulisan tes obyektif...
a. sesuai dengan indikator
b. hindari pengulangan kata
yang sama pada pokok soal
c. pilihan jawaban harus
homogen, pengecoh menarik untuk dipilih
d. pokok soal harus memberi petunjuk kearah
jawaban
39. Kuis, Ulangan formatif, UTS dan ulangan sumatif adalah termasuk...
a. Jenis penilaian
b. Teknik penilaian
c. Bentuk penilaian
d.
Sistem penilaian
40. Tujuan
diadakan system pembinaan professional guru lewat KKG adalah…
a. Sebagai
standar peningkatn kompetensi guru
b. Membuat
ikatan emosional antar sesama guru
c. Membantu
guru dalam menangani kasus dan masalah yang dialami guru
d. Membantu
guru dalam menangani kasus dan masalah yang di alami guru.
41. Tujuan
Classroom Action Research adalah…
a. Mengetahui
situasi dan kondisi sekolah
b. Menyempurnakan
menejemen sekolah
c. Memperbaiki
kinerja guru
d. Menyempurnakan
proses pembelajaran
42. Berikut
ini prosedur dalam pelaksanaan PTK…
1. Analisis
dan refleksi
2. Perencanaan
tindakan
3. Perencanaan
tindakan lanjutan
4. Pengembangan
focus masalah penelitian
5. Pelaksanaan
tindakan, observasi, dan evaluasi
Urutan
yang benar sebagai prosedur pelaksanaan PTK adalah…
a. 2-3-4-1-5
b. 2-4-3-1-5
c. 4-2-5-3-1
d. 4-2-3-5-1
43. Berikut
ini adalah pilar pendidikan yang dicanangkan dalam rangka mengembangkan KBK,
kecuali…
a. Learning
tolive together
b. Learning
to learn
c. Learning
to be
d. Learning
to do
44. Dalam
pembelajaran terdapat prasarat pengetahuan dan motivasi. Adanya motivasi
bertujuan…
a. Menumbuhakan
rasa percaya diri, sehngga setiap masalah dapat di jawab
b. Agar
siswa mengetahui tujuan akhir pembelajaran
c. Agar
siswa dan guru dapat berinteraksi dengan lancar
d. Menambahkan
rasa ingin tahu tentang konsep
45. Tes
yang bertujuan untuk memperoleh masukan tentang tingkat keberhasilan proses
pembelajaran adalah tes…
a. Formatif
b. Sumatif
c. Diagnostik
d. Penempatan
46. Setiap
jam pembelajaran dialokasikan tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu
satu jam pembelajaran untuk SD/MI adalah…
a. 30
menit
b. 35
menit
c. 40
menit
d. 45
menit
47. Standar
isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah diatur dalam Pendiknas nomor…
a. 21
tahun 2006
b. 22
tahun 2006
c. 23
tahun 2006
d. 24
tahun 2006
48. Tentunya
kita kenal proses pembelajaran dengan teknik “Think Pair Share” ini adalah
jenis pengelompokan siswa dengan ciri-ciri…
a. Guru
membagi 2 kelompok peserta debat satu pro yang lain kontra
b. Membentuk
kelompok terdiri 4 orang yang heterogen
c. Membentuk
kelompok terdiri 5 orang yang homogen
d. Siswa
di minta duduk berpasangan dengan teman sebelahnya dan mengutarakan hasil
pemikiran masing - masing
49. Di
bawah ini contoh judul penelitian tindakan kelas yang sesuai dengan kaidah yang
berlaku saat ini…
a. Pengaruh
kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan melalui metode bermain pada siswa kelas
V SDN 1 Banyuwangi
b. Peningkatan
kemampuan menjumlahkan bilangan pecahanan melalui metode bermain pada siswa
kelas V SDN 1 Banyuwangi
c. Meningkatkan
kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan melalui metode bermain
d. Penggunaan
metode bermain untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan
50. Di
bawah ini yang bukan termasuk ketrampilan dasar mengajar…
a. Ketrampilan
bertanya
b. Ketrampilan
memberi penguatan
c. Ketrampilan
membuat silabus dan RPP
d. Ketrampilan
membuka dan menutup pelajaran
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
BANYUWANGI
UPTD
PENDIDIKAN KECAMATAN CLURING
LEMBAR JAWABAN
Nama :
………………… Alamat
Dinas : …………………
NIP :
………………… Gugus : …………………
1
|
A
|
B
|
C
|
D
|
11
|
A
|
B
|
C
|
D
|
21
|
A
|
B
|
C
|
D
|
31
|
A
|
B
|
C
|
D
|
41
|
A
|
B
|
C
|
D
|
2
|
A
|
B
|
C
|
D
|
12
|
A
|
B
|
C
|
D
|
22
|
A
|
B
|
C
|
D
|
32
|
A
|
B
|
C
|
D
|
42
|
A
|
B
|
C
|
D
|
3
|
A
|
B
|
C
|
D
|
13
|
A
|
B
|
C
|
D
|
23
|
A
|
B
|
C
|
D
|
33
|
A
|
B
|
C
|
D
|
43
|
A
|
B
|
C
|
D
|
4
|
A
|
B
|
C
|
D
|
14
|
A
|
B
|
C
|
D
|
24
|
A
|
B
|
C
|
D
|
34
|
A
|
B
|
C
|
D
|
44
|
A
|
B
|
C
|
D
|
5
|
A
|
B
|
C
|
D
|
15
|
A
|
B
|
C
|
D
|
25
|
A
|
B
|
C
|
D
|
35
|
A
|
B
|
C
|
D
|
45
|
A
|
B
|
C
|
D
|
6
|
A
|
B
|
C
|
D
|
16
|
A
|
B
|
C
|
D
|
26
|
A
|
B
|
C
|
D
|
36
|
A
|
B
|
C
|
D
|
46
|
A
|
B
|
C
|
D
|
7
|
A
|
B
|
C
|
D
|
17
|
A
|
B
|
C
|
D
|
27
|
A
|
B
|
C
|
D
|
37
|
A
|
B
|
C
|
D
|
47
|
A
|
B
|
C
|
D
|
8
|
A
|
B
|
C
|
D
|
18
|
A
|
B
|
C
|
D
|
28
|
A
|
B
|
C
|
D
|
38
|
A
|
B
|
C
|
D
|
48
|
A
|
B
|
C
|
D
|
9
|
A
|
B
|
C
|
D
|
19
|
A
|
B
|
C
|
D
|
29
|
A
|
B
|
C
|
D
|
39
|
A
|
B
|
C
|
D
|
49
|
A
|
B
|
C
|
D
|
10
|
A
|
B
|
C
|
D
|
20
|
A
|
B
|
C
|
D
|
30
|
A
|
B
|
C
|
D
|
40
|
A
|
B
|
C
|
D
|
50
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Peserta
NIP.
0 komentar:
Posting Komentar