Latest Music :
Home » » Soal Tes Tulis Guru

Soal Tes Tulis Guru

Senin, 23 April 2012 | 0 komentar


PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS PENDIDIKAN
KANTOR UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN CLURING

SOAL TES TULIS GURU / KEPALA SEKOLAH PRESTASI
TINGKAT KECAMATAN CLURING
TAHUN 2012

(Waktu :90 menit)
Pilihlah jawaban yang di anggap paling tepat dengan membubuhkan tanda silang (X) pada
lembar jawaban yang disediakan.
1.      Struktur kurikulum SD/ MI yang berlaku saat ini di susun berdasar standart kompetensi
      lulusan dan kompetensi  mata pelajaran yang memuat ...
     a. 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
     b. 9 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
     c. 10 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
     d. 10 mata pelajaran dan muatan lokal sesuai kebutuhan sekolah
2.  Jumlah jam pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas Vl perminggu
     adalah ...
     a. 8
     b. 9
     c. 10
     d. 12
3.  Dalam penyusunan KTSP di awali dengan rapat kerja tim untuk membuat analisis konteks
     yang bertujuan...
     a. Membudidayakan sekolah satu dengan sekolah lain sebagai gambaran kerja.
     b. Mengadopsi dan mengadaptasi KTSP yang sudah jadi.
     c.Menentukan peluang dan tantangan kekuatan dan kelemahan yang ada di sekolah.
     d. Mengkordinasikan antara perencanaan yang dibuat tim dengan dinas pendidikan
         terkait.
4.  Untuk pembelajaran tematik kelas  1,2,3 alokasi waktu diatur dengan pembobotan...
     a. 50% untuk membaca, menulis, berhitung  15% agama 35% untuk mata pelajaran yang
         lainnya.
     b. 40% membaca, menulis, berhitung 10% agama 50% mata pelajaran yang lainya.
     c. 50% membaca,menulis, berhitung 20% agama 30% mata pelajaran lainya.
     d. 40% membaca, menulis, berhitung 20% agama 40% mata pelajaran lainya.


5.  Salah satu kriteria kenaikan kelas adalah...
     a. Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 20% dari mata
         pelajaran yang diajarkan.
     b. Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 25% dari mata
         pelajaran yang diajarkan.
     c. Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 30% dari mata
         pelajaran yang di ajarkan.
     d. Jumlah mata pelajaran yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 35% dari mata
         pelajaran yang di ajarkan.
6.  Pembuatan Silabus harus mencangkup...
     a. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran, Penilaian.
     b. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran, Indikator.
     c. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran, Indikator penilaian, Sumber belajar.
     d. SK, KD, Materi, Kegiatan pembelajaran, Indikator penilaian,Alokasi waktu dan sumber
         belajar.
7.  Dalam penentuan KKM harus mempertimbangkan beberapa aspek yaitu...
     a. Pendidik, Sarana prasarana, Potensi siswa.
     b. Kompleksitas, Sumber  daya pendukung dan potensi siswa.
     c. kompleksitas, Pendidik dan Instake
     d. Kompleksitas, Sarana prasarana dan potensi siswa
8.  Formulasi pengisian nilai raport harus mempertimbangkan nilai...
     a. Formatif + UTS + UAS
     b. Formatif + tugas + UAS
     c. Formatif + UTS + UAS + tugas
     d. Formatif + UTS + UAS +portofolio
9.   Proses pembelajaran PAIKEM sesuai dengan Permendiknas no. ...
      a. 29 tahun 2007
      b. 33 tahun 2007
      c. 40 tahun 2007
      d. 41 tahun 2007
10. Pembelajaran PAIKEM mempunyai  4 karakteristik yaitu...
      a. Interaksi, Komunikasi, Refleksi dan introspeksi.
      b. Mengalami, Komunikasi, Interaksi, Refleksi.
      c. Komunikasi, Interaksi, Refleksi, Eksplorasi.
      d. Interaksi, Refleksi, Elaborasi, Eksplerasi.
 11. Dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan
      penutup.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian sesuai silabus termasuk
      pada kegiatan...
      a.Pendahuluan
      b. Inti
      c. Penutup
      d. Pendahuluan, inti dan penutup
12. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik antara peserta didik dengan
      guru, lingkungan dan sumber belajar lainya termasuk...
      a.Eksplorasi
      b. Elaborasi
      c. Konfirmasi
      d. Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
13. Guru memberikan umpan balik dan penguatan dala bentuk lisan, tulisan, isarat maupun
      hadiah terhadap keberhasilan siswa termasuk...
      a.Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi.
      b.Elaborasi.
      c.Konfirmasi.
      d.Eksplorasi.
14. Guru yang profesional perlu memiliki 8 ketrampilan dasar dalam mengajar.Salah satu
      ketrampilan itu adalah...
      a.Membuat alat peraga.
      b.Membuat soal.
      c. Menjelaskan.
      d. Merefleksi.
15. Guru memajangkan hasil karya siswa di setiap kelas.Hal ini termasuk karakteristik PAIKEM...
      a. Mengalami.
      b. Komunikasi.
      c. Interaksi.
      d. Refleksi.
16. Sistematika proposal penelitian tindakan kelas meliputi ...
      a. Judul PTK, Latar belakang masalah, Perumusan masalah, tujuan penelitian.
      b. Judul PTK, Pendahuluan, Latar belakang masalah, perumusan masalah.
      c. Judul PTK,  Pendahuluan, Kajian teori, Perumusan masaah, Metode penelitian.
      d. Judul PTK, Pendahuluan, Kajian teori, Metode penelitian.
17. “Apakah dengan pembelajaran strategi inkuiri siswa lebih bersemangat mengikuti pelajaran
      IPA”.Statemen diatas termasuk ...
      a.Latar belakang masalah.
      b.Identifikasi masalah.
      c. Rumusan masalah.
      d. Masalah yang di teliti.
18. PTK merupakan kegiatan yang menggunakan siklus berkelanjutan dalam setiap siklus urutan yang
      Benar adalah...
      a. Permasalahan, Perencanaan, Pelaksanaan, Refleksi.
      b. Permasalahan, Perencanaan, Pengamatan, Refleksi.
      c. Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi.
      d. Perencanaan, Pengamatan, Permasalahan, Refleksi.
19. Kegiatan teori yang berkaitan dengan masalah dan tindakan yang di lakukan terdapat di !
      a. Bab I
      b. Bab II
      c. Bab III
      d. Bab IV
20. Penelitian tindakan kelas bisa dilakukan jika.
      a. siswa tidak menguasai materi yang di ajarkan.
      b. Ada kesenjangan antara teori pembelajaran dengan hasil yang diharapkan.
      c. Guru tidak berhasil dalam mengajari.
      d. Nilai rata – rata US sangat rendah.
21. Pak Tono memberi angka tujuh kepada Amin pada saat ulangan harian mata pelajaran IPA .
      yang dilakukan pak tono termasuk dalam kegiatan ...
      a. Tes
      b. Pengukuran
      c. Asesmen
      d. Evaluasi
22. Hasil tes formatif dapat dilakukan untuk...
      a. menemukan kesulitan belajar siswa
      b. memperbaiki kelemahan guru
      c. menilai prestasi siswa
      d. memperbaiki program pembelajaran
23. Keunggulan tes uraian jika dibandingkan dengan tes objektif adalah...
      a. Adanya unsur subjektifitas dalam pemberian sekor
      b. dapat mengukur semua jenjang dalam ranah koqnitif
      c. tepat untuk mengukur ranah koqnitif tingkat tinggi
      d. sukar dikontruksi
24. Kapan guru menetapkan kreteria penilaian ?
      a. sebelum pembelajaran
      b. awal pembelajaran
      c. di tengah pembelajaran
      d. akhir pembelajaran
25. Anto adalah anak yang pandai mata pelajaran matematika, maka guru cenderung memberi
      sekor tinggi pada mata pembelajaran IPA. Dalam pemeriksaan hasil tes uraian ini dikenal
      dengan istilah...
      a. Hallo effect
      b. Order effect
      c. Carry over effect
      d. Testto test hallo effect
26. Salah satu ciri guru mempunyai kopentensi Pedagogik yaitu :
      a. Berkemusukasi secara aktif, efektif, empatik terhadap siswa
      b. Menguasai materi, struktur, konsep dalam pola pikir keilmuan
      c. menguasai teori belajar dan prinsip – prinsip pembelajaran yang mendidik
      d. menjunjung kode etik guru
27. Seorang guru menunjukkan etos kerja yang tinggi, tanggung jawab, rasa bangga sebagai
      guru dan rasa percaya diri maka guru tersebut memiliki kopetensi ...
      a. Pedagogik
      b. kepribadian
      c. sosial
      d. profesional
28. Guru diharapkan dapat menguasai dalam pembuatan silabus, RPP, membuat alat perang
      dan media pembelajaran secara kreatif, termasuk ciri – ciri kopetensi...
      a.pedagogik
      b. kepribadian
      c. sosial
      d. profesional
29. Faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan kisi – kisi tes adalah tersebut dibawah
      ini, kecuali...
      a. penelitian sampel materi yang akan diujikan
      b. penguasaan materi siswa
      c. jumlah butir soal yang akan dibuat
      d. waktu ujian yang di sediakan
30. Untuk memiliki kompetensi siswa menghayati puisi maka jenis kegiatan yang tepat berupa.
      a. tugas membuat puisi
      b. tugas mengumpulkan karya puisi
      c. tugas membaca puisi
      d. mengisi skala sikap dalam bacaan puisi
31. Perbedaan antara tes formatif dan tes diagnostik adalah...
      a. tes formatif untuk menilai keberhasilan siswa, tes diagnostik untuk mengetahui
          kesulitan belajar siswa
      b. tes formatif dilaksanakan di tengah program, tes diagnostik dilaksanakan di akhir program
      c. tes formatif dilaksanakan secara klasikal, tes diagnostik dilaksanakan secara individual
      d. tes formatif untuk memonitor pelaksanaan program, tes diagnostik untuk memonitor
          kesulitan belajar siswa
32. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 19 tahun 2005 adalah tentang ...
      a. Sistem Pendidikan Nasional
      b. Standar Nasional Pendidikan
      c. Standar Penilaian Pendidikan
      d. Standar Kompetensi Lulusan
33. Pembuatan silabus , RPP dan metode pembelajaran kita tentukan dalam...
      a. Standar Isi
      b. Standar Proses
      c. Standar Penilaian
      d. Standar Lulusan
34. Tujuan pendidikan nasional berdasar undang – undang RI no 20 tahun 2003 adalah...
      a. Mengambangkan kemampuan, membentuk watak dan peradapan bangsa yang
          bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
      b. Berkembangnya potesi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa
           kepada tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri
           menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
      c. Berkembangnya siswa yang demokratis dan berkeadilan serta tidak deskriminatif
          dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan
          majemukan bangsa
      d. Sebagai mamfestasi dari pengamalan nilai – nilai Pancasila dan Undang – undang
          Dasar Negara Repuplik Indonesia tahun 1945





35. Agar guru dapat melaksanakan tugas dengan profesional  maka harus selalu meningkatkan
      kemampuannya, khususnya dalam penguasaan ...
      a. Ilmu pengetahuan dan teknologi
      b. Bidang ilmu yang di tempuh
      c. Proses pembelajaran dikelas
      d. Psikologi perkembangan untuk memahami karakter siswa
36. Guru yang profesional harus memiliki ciri – ciri sebagai berikut, kecuali...
      a. memiliki empat kompetensi guru
      b. memiliki kemampuan bahan ajar dan metode pembelajaran
      c. selalu banyak membantu teman guru yang akan naik pangkat
      d. bertanggung jawab terhadap hasil belajar siswa
37. Agar pelaksanaan penilaian berjalan dengan, transparan maka di[perlukan persiapan serta
      sistem penilaian yang dapat menjamin objektifitas secara maksimal, langkah yang harus
      disiapkan oleh guru sebelum membuat soal adalah...
      a. membuat kisi – kisi soal
      b. menentukan jumlah soal
      c. menentukan kriteria penilaian
      d. menentukan indikator penilaian
38. Pernyataan di bawah ini tidak termasuk penulisan tes obyektif...
      a. sesuai dengan indikator
      b. hindari pengulangan kata yang sama pada pokok soal
      c. pilihan jawaban harus homogen, pengecoh menarik untuk dipilih
      d. pokok soal harus memberi petunjuk kearah jawaban
39. Kuis, Ulangan formatif, UTS dan ulangan sumatif adalah termasuk...
      a. Jenis penilaian
      b. Teknik penilaian
      c. Bentuk penilaian
      d. Sistem penilaian

40.  Tujuan diadakan system pembinaan professional guru lewat KKG adalah…
a.       Sebagai standar peningkatn kompetensi guru
b.      Membuat ikatan emosional antar sesama guru
c.       Membantu guru dalam menangani kasus dan masalah yang dialami guru
d.      Membantu guru dalam menangani kasus dan masalah yang di alami guru.
41.  Tujuan Classroom Action Research adalah…
a.       Mengetahui situasi dan kondisi sekolah
b.      Menyempurnakan menejemen sekolah
c.       Memperbaiki kinerja guru
d.      Menyempurnakan proses pembelajaran
42.  Berikut ini prosedur dalam pelaksanaan PTK…
1.      Analisis dan refleksi
2.      Perencanaan tindakan
3.      Perencanaan tindakan lanjutan
4.      Pengembangan focus masalah penelitian
5.      Pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi
Urutan yang benar sebagai prosedur pelaksanaan PTK adalah…
a.       2-3-4-1-5
b.      2-4-3-1-5
c.       4-2-5-3-1
d.      4-2-3-5-1
43.  Berikut ini adalah pilar pendidikan yang dicanangkan dalam rangka mengembangkan KBK, kecuali…
a.       Learning tolive together
b.      Learning to learn
c.       Learning to be
d.      Learning to do
44.  Dalam pembelajaran terdapat prasarat pengetahuan dan motivasi. Adanya motivasi bertujuan…
a.       Menumbuhakan rasa percaya diri, sehngga setiap masalah dapat di jawab
b.      Agar siswa mengetahui tujuan akhir pembelajaran
c.       Agar siswa dan guru dapat berinteraksi dengan lancar
d.      Menambahkan rasa ingin tahu tentang konsep
45.  Tes yang bertujuan untuk memperoleh masukan tentang tingkat keberhasilan proses pembelajaran adalah tes…
a.       Formatif
b.      Sumatif
c.       Diagnostik
d.      Penempatan


46.  Setiap jam pembelajaran dialokasikan tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu satu jam pembelajaran untuk SD/MI adalah…
a.       30 menit
b.      35 menit
c.       40 menit
d.      45 menit
47.  Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah diatur dalam Pendiknas nomor…
a.       21 tahun 2006
b.      22 tahun 2006
c.       23 tahun 2006
d.      24 tahun 2006
48.  Tentunya kita kenal proses pembelajaran dengan teknik “Think Pair Share” ini adalah jenis pengelompokan siswa dengan ciri-ciri…
a.       Guru membagi 2 kelompok peserta debat satu pro yang lain kontra
b.      Membentuk kelompok terdiri 4 orang yang heterogen
c.       Membentuk kelompok terdiri 5 orang yang homogen
d.      Siswa di minta duduk berpasangan dengan teman sebelahnya dan mengutarakan hasil pemikiran masing - masing
49.  Di bawah ini contoh judul penelitian tindakan kelas yang sesuai dengan kaidah yang berlaku saat ini…
a.       Pengaruh kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan melalui metode bermain pada siswa kelas V SDN 1 Banyuwangi
b.      Peningkatan kemampuan menjumlahkan bilangan pecahanan melalui metode bermain pada siswa kelas V  SDN 1 Banyuwangi
c.       Meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan melalui metode bermain
d.      Penggunaan metode bermain untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan
50.  Di bawah ini yang bukan termasuk ketrampilan dasar mengajar…
a.       Ketrampilan bertanya
b.      Ketrampilan memberi penguatan
c.       Ketrampilan membuat silabus dan RPP
d.      Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran






DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUWANGI
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN CLURING

LEMBAR JAWABAN

Nama         : …………………                                                      Alamat Dinas  : …………………
NIP           : …………………                                                      Gugus              : …………………


1
A
B
C
D
11
A
B
C
D
21
A
B
C
D
31
A
B
C
D
41
A
B
C
D
2
A
B
C
D
12
A
B
C
D
22
A
B
C
D
32
A
B
C
D
42
A
B
C
D
3
A
B
C
D
13
A
B
C
D
23
A
B
C
D
33
A
B
C
D
43
A
B
C
D
4
A
B
C
D
14
A
B
C
D
24
A
B
C
D
34
A
B
C
D
44
A
B
C
D
5
A
B
C
D
15
A
B
C
D
25
A
B
C
D
35
A
B
C
D
45
A
B
C
D
6
A
B
C
D
16
A
B
C
D
26
A
B
C
D
36
A
B
C
D
46
A
B
C
D
7
A
B
C
D
17
A
B
C
D
27
A
B
C
D
37
A
B
C
D
47
A
B
C
D
8
A
B
C
D
18
A
B
C
D
28
A
B
C
D
38
A
B
C
D
48
A
B
C
D
9
A
B
C
D
19
A
B
C
D
29
A
B
C
D
39
A
B
C
D
49
A
B
C
D
10
A
B
C
D
20
A
B
C
D
30
A
B
C
D
40
A
B
C
D
50
A
B
C
D





                                                                                                                                      Peserta

                                                                                                                                               
                                                                        NIP.
                                                           
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Post

Ramalan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOZZA TASK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template