Latest Music :
Home » » Laporan Kegiatan Prakerin/PSG

Laporan Kegiatan Prakerin/PSG

Senin, 23 April 2012 | 0 komentar


LAPORAN KEGIATAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA
 (PSG)
DI STIKOM PGRI BANYUWANGI


SMK GAJAH MADA BANYUWANGI

                        Nama                         :  MOZZA HAMZA
                        No. Induk                  :  3744/103. 071
                        Kelas                         :  XI  TKJ  1
                        Program Keahlian :  Teknologi  Komputer &  Jaringan  (TKJ )

SMK  GAJAH  MADA  BANYUWANGI
JL.  Jaksa  Agung  Suprapto  68  Telp  /  Fax  0333  -  410125  Banyuwangi
e-mail  :  smk  gajahmada@yahoo.co.id
BANYUWANGI


LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pendidikan Sistem Ganda
(PSG)
Siswa SMK GAJAH MADA BANYUWANGI
Tahun Pembelajaran 2012-2013

Buku laporan ini disusun dari hasil Pendidikan Sistim Ganda (PSG) di STIKOM PGRI Banyuwangi yang dimulai tanggal 9 Januari 2012 s/d 9 April 2012 telah di periksa dan disetujui.



KETUA PELAKSANAAN PSG                                PEMBIMBING INSTANSI
                                   





 RUSYANTO S.Pd                                                           YUDI HERI YULIYANTO, S. Kom.


MENGETAHUI,

KEPALA SEKOLAH                                                   KETUA INSTANSI






 Drs. JAMHARI, M.Pd                                               H. Chairul Anam, S. Kom., M.M







KATA   PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
                  Dengan  mengucapkan Puja  dan Puji syukur Atas Kehadirat  Alloh SWT  yaitu  Berkat Rahmat Dan Hidayah-Nya kepada  kami,  sehingga kami dapat menyusun dan  menyelesaikan laporan Pendidikan  Sistim  Ganda ( PSG ) dengan baik tanpa halangan sedikitpun.
                 Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) telah  di  program  oleh pemerintah bagi siswa  Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) sebagai salah satu persyaratan mengikuti ebta / ebtanas serta menunjang pelajaran dan mengaplikasikan mata pelajaran  yang  di peroleh pada Instansi Pemerintah ataupun Swasta
                 Laporan  ini kami buat  dan  disusun  berdasarkan hasil kerja di STIKOM PGRi  BANYUWANGI mulai tanggal 9Januari s/d 9 April 2012 yang telah di bantu oleh Karyawan  /  Karyawati STIKOM PGRI sehingga kami mendapatkan pengalaman kerja serta bimbingan kerja serta bimbingan yang sebelumnya belum pernah  kami  peroleh guna untuk menjadikan pengalaman bagi kami di lapangan kerja.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.    Bapak Drs. JAMHARI, M.pd selaku Kepala SMK GAJAH MADA BANYUWANGI
2.    Bapak H. Chairul Anam., S. Kom., M.M. selaku ketua STIKOM PGRI BANYUWANGI yang telah memberikan kesempatan kerja  dan ijin bagi kami untuk melaksanakan Pendidikan  Sistim Ganda (PSG) di STIKOM PGRI
3.    Bapak YUDI HERI  YULIYANTO.,S.Kom, selaku Pembimbing di STIKOM PGRI BANYUWANGIyang telah member  pengarahan, membantu dan membimbing selama PSG berlangsung
4.    Bapak SAHLAN, selaku Guru Pembimbing yang telah memberikan bimbingan saran guna untuk kelancaran kegiatan kami selama PSG.
5.    Karyawan dan Karyawati STIKOM PGRI yang telah  memberi  bimbingan petunjuk dan wawasan serta pengarahan kepada kami selama PSG

Akhirnya penyusunan laporan ini dapat kami selesaikan dan mengharap atas saran, kritik pada semuanya yang bersifat membangun prestasi kami semoga laporan ini dapat bermanfaat, berguna bagi kami pada khususnya dan adik-adik pada umumnya selaku generasi penerus cita-cita bangsa.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
                                                                                           STIKOM PGRI,   9 April 2012


                                                                                           Penyusun,




Daftar Isi

Halaman Judul…………………………………………………………………… 1
Lembar Pengesahan……………………………………………………………. 2
Kata Pengantar………………………………………………………………….. 3
Daftar Isi………………………………………………………………………….. 4

Bab I               Pendahuluan
1.1.Latar Belakang PSG…………………………………. 5
1.2.Maksud Dan Tujuan………………………………….. 5
1.3.Profil Tempat Prakerin……………………………….. 6-7
1.4.Struktur Organisasi…………………………………… 7

Bab II              Pelaksanaan Kegiatan
                        2.1.      Laporan Kegiatan Praktek Industri………………….. 8
                        2.2.      Laporan Prakerin……………………………………… 9-14


Bab III             Biodata...................................................................................18
Bab IV              Penutup
                        5.1.      Kesimpulan…………………………………………….. 19
                        5.2.      Saran…………………………………...………………. 19
                        5.3.      Kesan…………………………………..………………. 19

Lampiran:
1.      Daftar Penilaian Siswa…………………………………………………….. 20
2.      Daftar Hadir Siswa…………………………………………………………. 21
                                                                                                                 










BAB  I
PENDAHULUAN

1.1.        LATAR BELAKANG PSG

             Pada dasarnya Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidkan  keahlian  yang merupakan kesepakatan antara pihak Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) dengan dunia usahan dan instansi model penyelenggaraan pendidikan yang memasukkan secara utuh dan integral antara kegiatan belajar sekolah dengan proses penggunaan keahlian kejuruan melalui praktek langsung di lapangan kerja.

             Sejalandengan proses pendidikan pada SMK yang dilaksanakan sealama ini pada program pendidikan dan pelatihan PSG juga membuat aspek pendidikan sebagai berikut :

1.    Komponen Teori Kejuruan
Yaitu yang meliputi pelajaran serta teori-teori kejuruan dan lingkup suatu program study tertentu.

2.    Komponen Praktek Dasar Kejuruan
Yaitu yang meliputi praktek menunjang dalam melakukan beberapa jenis pekerjaan yang relevan dari dunia usaha /industry  yang berada dalam lingkup profil tamatan dari program study tertentu.

3.    Komponen Praktek Industri
Yaitu yang meliputi praktek kerja laporan pada dunia usaha dan industri sebagai implikasi penyelenggaraan dari dua jenis program yang mempunyai kaitan sangat erat dan dilakukan pada tempat serta waktu yang berbeda maka memerlukan adanya panduan pembimbing yang memadai.

1.2.        MAKSUD DAN TUJUAN
1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlianprofessional  (dengan  mengetahui, keterangan dan etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja).
2.   Memperkokoh LINK dan MATCH ( keterkaitan dan kesepadanan ) antara sekolah dan dunia usaha.
3.   Meningkatkan efisien program pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkwalitas profisional.
4.   Memberi pemasukan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai proses dari pendidikan.
5.   Motivasi siswa agar hidup mandiri dan berwiraswasta.

1.3.        PROFIL TEMPAT PRAKERIN

Sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Banyuwangi (STIKOM) di Banyuwangi tidak dapat dilepaskan dari prakarsa Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP-PT) PGRI Banyuwangi. STIKOM PGRI Banyuwangi telah beroperasi sejak tahun 1993 dengan status terdaftar SK Dikti No. 127/DIKTI/KEP/1993 tanggal 20 April 1993 untuk program studi Manajemen Informatika, Ketuanya Ir. H. MOCH. NAJIB, M.M. periode tahun 1993-2004. Pada tahun 2004 ada pergantian pimpinan Ketuanya Drs. EKO LISTIWIKONO, M.M. pada periode 2004-2008, sedangkan pergantian pimpinan ketua STIKOM PGRI Banyuwangi yang baru adalah H. Chaairul Anam, S. Kom., M.M. periode 2012-2016. Kemudian SK Perpanjangan ijin operasional dari Dikti dengan No. 056/D/T/2007, tanggal 8 Januari 2007.Dalam perjalanannya tahun 1993-1999 pengelolaannya menjadi satu dengan IKIP PGRI (UNIBA) dengan sebutan (STIK PGRI BANYUWANGI).Pada tahun 1999 pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada STIKOM PGRI Banyuwangi.Perubahan sebutan akronim STIKOM PGRI BANYUWANGI pada tahu 2005.Dan selanjutnya mendapatkan status terakreditasi dengan S.K. No. 012/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/VIII/2008 tanggal 24 Agustus 2008.

Pada tahun 2006 STIKOM PGRI Banyuwangi telah menambah 1(Satu) Program Studi yaitu Teknik Informatika dengan jenjang Strata Satu (S1) yang memiliki ijin operasional dari Dikti dengan No. SK. 774/D/T/2006, pada tanggal 21 Februari 2006, dengan S.K. perpanjangan no. 4529/D/T/2008 tanggal 19 Desember 2008 sampai dengan 12 Desember 2012. Selanjutnya berdasarkan Rapat Senat STIKOM PGRI BANYUWANGI menetapkan kembali sebagai Ketua adalah Drs. EKO LISTIWIKONO, M.M. masa bhakti tahun 2008-2012 dan tahun 2012 pengangkatan pimpinan ketua STIKOM PGRI Banyuwangi yang baru adlah H. Chairul Anam, S. Kom., M.M. periode 2012-2016. Pada tahun 2009 ini direncanakan pengusulan akreditasi untuk Prodi Teknik Informatika S.1 dan selanjutnya pada tahun 2010 mengusulkan dua Program Studi yang baru yaitu Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL). Oleh karena itu dalam mewujudkan semboyan kita “SELALU TRENDY DALAM TEKNOLOGI INFORMASI”.Lembaga tidak henti-hentinya mengadakan perubahan menuju yang lebih baik dan dinamis.Pada tahun 2011 telah dibangun penambahan gedung lantai 3 untuk perkuliahan serta penambahan 1 ruang dosen tahun 2012.




1.4.        STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi merupakan kerangka yang terdiri dari berbagai satuan organisasi yang didalamnya terdapat pejabat, ringkasan jabatan, uraian tugas dan tanggung jawab masing-masing mempunyai peranan serta hubungan tertentu didalam kesatuan yang utuh. Struktur Organisasi STIKOM PGRI BANYUWANGI bisa dilihat sebagai berikut:



BAB II
2.1.        LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK INDUSTRI

Awal pertama masuk kerja yaitu tanggal 09 Januari 2012 sampai tanggal 9 April 2012, kami melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah ke lab rpl melakukan merakit cpu tentang kerusakan cpu dan apa saja yang kena virus yaitu RAM, Hardist, power supply, dan lain – lain. Ngontrol setiap lab apa lagi lab ada 4 yaitu LAB RPL, LAB AI, LAB MULTIMEDIA, LAB PEMROGRAMAN.
Setiap lab kami mengontrol kerusakan CPU dan jaringan LAN. ADMINISTRASI KANTOR melakukan print, menyetempel, menurutkan nomor ujian peserta, dan lain – lain.Kalau di Perpustakaan melakukan menata buku dan internet.



 

2.2.         LEMBAR KONTROL KEGIATAN SISWA
       PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Nama Industri / Perusahaan                    : STIKOM PGRI BANYUWANGI
Bidang Usaha                                             : PENDIDIKAN
Sekolah                                                         : SMK GAJAH MADA

No
Bidang Pekerjaan / Kegiatan
Tanggal Pelaksanaan
Paraf Pembimbing
1.
Ø  Membuat  biodata
Ø  Absensi
9  Januari  2012
1.
2.
Ø  Print  profil  Banyuwangi  yang  meliputi  desa
10  Januari  2012
2.
3.
Ø  Merakit  CPU

11  Januari  2012
3.
4.
Ø  Menginstal  driver
Ø  Menginstal  aplikasi
12  Januari  2012
4.
5.
Ø  Mengurutkan  data  beasiswa

13  Januari  2012
5.
6.
Ø  Menata  buku
Ø  Membaca  buku
16  Januari  2012
6.
7.
Ø  Menginstal  aplikasi

17  Januari  2012
7.
8.
Ø  Menjaga  lab  RPL
Ø  Instalasi
Ø  Menyedarkan  undangan  dosen
18  Januari  2012
8.
9.
Ø  Menurutkan  kartu  nomor  peserta ujian
Ø  Menyetempel  kartu  undangan
19  Januari  2012
9.
10.
Ø  Pendataan  ulang  hardware
Ø  Menginstal  everest
20  Januari  2012
10.
11.
Ø  Evaluasi
Ø  menyetempel
21  Januari  2012
11.
12.
Ø Hari  raya  imlek

23  Januari  2012
12.

13.
Ø Menjaga  lab  RPL
Ø Merakit  CPU
24  Januari  2012
13.

14.
Ø Menjaga  perpustakaan

25  Januari  2012
14

15.
Ø Memasukkan  nama  peserta ujian 
ke  dalam  amplop
26  Januari  2012
15.

16.
Ø Menta  data  maha  siswa  peserta 
Ujian
27  Januari  2012
16.

17.
Ø Mengecek  jaringan
Ø Software
Ø CPU
28  Januari  2012
17.

18.
Ø Mengecek  jaringan
Ø Software
Ø CPU
30  Januari  2012
18.

19.
Ø Menjaga  lab  RPL

31  Januari  2012
19.

20.
Ø Merakit  CPU

1  Februari  2012
20.

21.
Ø Menata  buku
Ø Menjaga  perpustakaan
2  Februari  2012
21.

22.
Ø Menjaga  perpustakaan

3  Februari  2012
22.

23.
Ø Evaluasi
4  Februari  2012
23.
24.
Ø Menjaga  perpustakaan

6  Februari  2012
24.
25.
Ø Administrasi  kantor

7  Februari  2012
25.
26.
Ø Menjaga  perpustakaan

8  Februari  2012
26.
27.
Ø Administrasi  kantor

9  Februari  2012
27.
28.
Ø Administrasi  kantor

10  Februari  2012
28.
29.
Ø Evaluasi

11  Februari  2012
29.
30.
Ø Di  perpustakaan

13  Februari  2012
30.
31.
Ø Di  lab  RPL

14  Februari  2012
31.
32.
Ø Di  lab  AI
Ø Setting  IP
15  Februari  2012
32.
33.
Ø Di  perpustakaan

16  Februari  2012
33.
34.
Ø Foto  copy  KTP
Ø Di  perpustakaan
17  Februari  2012
34.
35.
Ø Evaluasi

18  Februari  2012
35.
36.
Ø Administrasi  kantor

20  Februari  2012
36.

37.
Ø Di  perpustakaan

20  Februari  2012
37.

38.
Ø Administrasi  kantor

21  Februari  2012
38.

39.
Ø Di  lab  RPL

21  Februari  2012
39.

40.
Ø Di  lab  RPL

22  Februari  2012
40.

41.
Ø Di  perpustakaan

23  Februari  2012
41.

42.
Ø Di  lab  RPL

24  Februari  2012
42.

43.
Ø Eavaluasi

25  Februari  2012
43.

44.
Ø Di  perpustakaan

27  Februari  2012
44.

45.
Ø Administrasi  kantor

28  Februari  2012
45.

46.
Ø Di  lab  RPL

29  Februari  2012
46.

47.
Ø Administrasi  kantor

1  Maret  2012
46

48.
Ø Di  lab  RPL

2  Maret  2012
48.

49.
Ø Evaluasi

3  Maret  2012
49.






50.
Ø Di  lab  RPL

5  Maret  2012
50.
60.
Ø Di  lab  RPL

6  Maret  2012
51.
61.
Ø Menjaga  lab  RPL

7  Maret  2012
61.
62.
Ø Administrasi  Kantor

8  Maret  2012
62.
63.
Ø Menjaga  lab  RPL

9  Maret  2012
63.
64.
Ø Evaluasi

10  Maret  2012
64.
65.
Ø Administrasi  Kantor

12  Maret  2012
65.
66.
Ø Administrasi  Kantor

13  Maret  2012
66.
67.
Ø Di  lab  RPL

14  Maret  2012
67.
68.
Ø Administrasi  Kantor

14  Maret  2012
68.
69.
Ø Di Lab RPL

15  Maret  2012
69.
70.
Ø Di Lab RPL

16  Maret  2012
70.
71.
Ø Evaluasi

17  Maret  2012
71.
72.
Ø Di Lab RPL
19 Maret 2012
72.

73.
Ø Menjaga Lab RPL

20 Maret 2012
73.
74.
Ø Menjaga Lab RPL

21 Maret 2012
74.
75.
Ø Menjaga Lab RPL

22 Maret 2012
75.
76.
Ø Menjaga Lab RPL

23 Maret 2012
76.
77.
Ø Menjaga Lab RPL

24 Maret 2012
77.

                                                                                                   Banyuwangi, 9 April 2012

                                                                            MENGETAHUI
               KETUA INSTANSI                                                  PEMBIMBING INSTANSI


H. CHAIRUL ANAM, S. Kom., M.M                          YUDI HERI YULIYANTO, S. Kom







BAB III

BIODATA

NO. INDUK :  3744 / 103. O71                                                                                      
NAMA               :  AMALIA NINGTIAS ASIH
TEMPAT / TGL LAHIR  :  BANYUWANGI, 9 APRIL 1995
JENIS KELAMIN            :   PEREMPUAN
ALAMAT                 :   CLURING

NO. INDUK               :  3764/123. 071                                                                           
NAMA            :  FAIQOTUS SHOLEHAH
TEMPAT / TGL LAHIR :  BANYUWANGI, 24 JULI 1995
JENIS KELAMIN   :  PEREMPUAN
ALAMAT   :  Dsn.  Krajan  RT/RW  01/02  Sukojati  Kabat  Banyuwangi









BAB V
PENUTUP
1.1.        KESIMPULAN
                Setelah  penyusun  hasil  pelatihan  kerja  /  PSG  ini,  kami  sebagai  penyusun  sangat bangga  sekali  karena  dapat  menyusun  laporan  dan  secara  tidak  langsung  telah  dapat mewariskan  laporan  ini  pada  pembaca  umumnya  dan  adik-adik  generasi  penerus  pada khususnya  dan  kami  juga  dapat  lebih  mandalami  pelajaran-pelajaran  yang  telah  kami  peroleh secara  formal  baik  berupa  pelajaran,  keterampilan  dan  teori  maupun  berupa  pelajaran praktek.

1.2.        SARAN  –  SARAN
               Terima  kasih  atas  pelaksanaan  kegiatan  PSG  di  STIKOM  PGRI  semoga  STIKOM  PGRI dalam  tahun  ke  tahun  dapat  melaksanakan  suatu  tugas  dengan  baik  dan  lancar.
                Dan  satu  hal  lagi  dalam melaksanakan  tugas  sebaiknya  harus  kompak  antara  satu  dan lain  karena  kekompakan  bekerja akan  mendapatkan  keberhasilan  dan  dapat  membantu kelancaran  serta  kemajuan  STIKOM  PGRI.
                Dan  kami  pun  bangga  karena  dengan  mata  dan  kepala  sendiri  kedisiplinan  STIKOM PGRI,  semoga  kedisiplinan  tetap  dijaga  selalu.

1.3.        KESAN
        Al-Hamdulilah  atas  Berkat  Tuhan  Yang  Maha  Esa  kami  telah  selesai  melaksanakan Pelatihan  Sistim  Ganda  ( PSG )  selama dua bulan dua tiga hari tanggal 9 Januari sampai dengan 23 Maret 2012 di STIKOM PGRI Banyuwangi

        Kami  sangat  berterima  kasih  atas  bantuan  bimbingan  dan  perhatian  Bapak  Ketua  serta  Staf  yang  telah  membimbing  dan  membantu  kami  selama  PSG,  walaupun  selama PSG  apa  yang  kami  kerjakan  masih  jauh  dari  sempurna.
        Atas  bimbingan,  petunjuk  dan  nasehat  yang  telah  diberikan,  kami  mengucapkan  terima  kasih  dan  tidak  lupa  mohon  maaf  apabila  kami  melaksanakan  PSG  banyak  terdapat kesalahan.









DAFTAR PENILAIAN SISWA
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DARI PEMBIMBING PRAKERIN DI STIKOM PGRI
BANYUWANGI


Nama                           :  AMALIA  NINGTIAS  ASIH
No Induk Siswa            :  3744/103. 071
Program Keahlian / Jurusan  :  Teknologi  Komputer & Jaringan (TKJ)
Lama Praktek                          :  3 (Tiga) Bulan

ASPEK PENILIAN

Disiplin
Kerja sama
Inisiatif
Tanggung Jawab
Kebersihan









Nilai  Berbentuk  Angka :


a)    86 s/d 100  :  baik sekali
b)   71 s/d 85    :  baik
c)    56 s/d 70    :  cukup
d)   41 s/d 55    :  kurang
e)    O  s/d 40     :  kurang sekali


PEMBIMBING INSTANSI

                                                   

Yudi Heri Yuliyanto, S. Kom.
 







LAPORAN DAFTAR HADIR SISWA
PRAKTEK KARJA INDUSTRI

Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Tanggal
M
S
I
A
M
S
I
A
M
S
I
A
M
S
I
A
1
-
-
-
-
.



.



Minggu
2
-
-
-
-
.



.



.



3
-
-
-
-
.



.



.



4
-
-
-
-
.



Minggu
.



5
-
-
-
-
Minggu
.



.



6
-
-
-
-
.



.



Libur
7
-
-
-
-
.



.



.



8
-
-
-
-
.



.



Minggu
9
.



.



.




10
.



.



.




11
.



.



Minggu

12
.



Minggu
.




13
.



.



.




14
.



.



.




15
Minggu
.



.




16
.



.



.




17
.



.



.




18
.



.



Minggu

19
.



Minggu
.




20
.



.



.




21
.



.



.




22
Minggu
.



.




23
Libur
.



Libur

24
.



.



.




25
.



.



Minggu

26
.



Minggu
.




27
.



.



.




28
.



.



.




29
Minggu
.



.




30
.



-
-
-
-
.




31
.



-
-
-
-
.




Jumlah













Tanda Tangan



Pembimbing
Pembimbing
Pembimbing


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Post


Ramalan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOZZA TASK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template