Latest Music :
Home » , » Daun Salam

Daun Salam

Selasa, 18 September 2012 | 0 komentar



Daun Salam Sebagai Obat Asam Urat Dan Diabetes 



Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum. [1]

Pemerian botanis

Pohon berukuran sedang, mencapai tinggi 30 m dan gemang 60 cm. Pepagan (kulit batang) berwarna coklat abu-abu, memecah atau bersisik.
Daun tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai hingga 12 mm. Helai daun berbentuk jorong-lonjong, jorong sempit atau lanset, 5-16 x 2,5-7 cm, gundul, dengan 6-11 urat daun sekunder, dan sejalur urat daun intramarginal nampak jelas dekat tepi helaian, berbintik kelenjar minyak yang sangat halus.
Karangan bunga berupa malai dengan banyak kuntum bunga, 2-8 cm, muncul di bawah daun atau kadang-kadang pada ketiak. Bunga kecil-kecil, duduk, berbau harum, berbilangan-4; kelopak seperti mangkuk, panjangnya sekitar 4 mm; mahkota lepas-lepas, putih, 2,5-3,5 mm; benang sari banyak, lk. 3 mm, terkumpul dalam 4 kelompok, lekas rontok; piringan tengah agak persegi, jingga kekuningan. Buah buni membulat atau agak tertekan, 12 mm, bermahkota keping kelopak, berwarna merah sampai ungu kehitaman apabila masak.


Tak dapat dipungkiri bumi Nusantara adalah sejumput tanah surga yang jatuh ke bumi. Betapa tidak, keragaman flora dan fauna yang hidup dipangkuannya membuat bangsa ini tak pernah kekurangan suatu apa. Di dalam hal obat herbal, ternyata keragaman flora tadi telah dimanfaatkan sedemikian rupa oleh nenek moyang guna penyembuhan atau menjaga kesehatannya. Hal ini tersurat dengan jelas dalam kitab Usada Parwa yang mencatat ragam khasiat dari pohon Salam. Berikut beberapa manfaatnya.

ASAM URAT

Bahannya :
- 10 lembar daun Salam segar
- Air 700 cc

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, rebus hingga air tersisa 200 cc. Selagi hangat, saring dan minum. Lakukan sampai sembuh.

RADANG LAMBUNG

Bahannya :
- 30 gr daun Salam segar
- 30 gr Sambiloto kering
- Gula batu secukupnya
- Air 600 cc

Cara membuatnya :
Cuci daun Salam, kemudian masukkan Sambiloto kering dan rebus hingga air tersisa 300 cc. Selagi hangat, saring dan masukkan gula batu serta aduk sampai rata. Lalu minum dua kali dalam sehari, masing-masing 150 cc dan lakukan secara teratur sampai sembuh.

KOLESTEROL TINGGI

Bahannya :
- 7 lembar daun Salam segar
- 30 gr daun Ceremai segar
- Air 600 cc

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, rebus hingga air tersisa 300 cc. Selagi hangat, saring dan minum secara teratur. Lakukan dua kali sehari, masing-masing 150 cc.

DIABETES

Bahannya :
- 7 lembar daun Salam segar
- 30 gr Sambiloto segar
- Air 600 cc

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, rebus hingga air tersisa 200 cc. Setelah dingin, saring lalu diminum untuk dua kali sehari masing-masing 100 cc.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Post

Ramalan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOZZA TASK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template