Latest Music :
Home » » TIPS CARA MENGATASI MASALAH UMUM PADA PRINTER INJET

TIPS CARA MENGATASI MASALAH UMUM PADA PRINTER INJET

Selasa, 19 Juni 2012 | 0 komentar


         Dalam mengoperasikan printer inkjet, mungkin akan kita temui masalah umum yang biasa terjadi pada printer inkjet, mulai dari masalah kecil sampai masalah besar yang semua itu bisa membuat frustasi apabila tidak ditemukan solusinya.Masalah yang umum ditemui dalam mengoperasikan printer inkjet antara lain sebagai berikut beserta tips solusinya :

1. Koneksi Terputus ( Lost Connection)
masalah ini biasa ditemui yaitu printer tidak bisa mengeksekusi perintah pencetakan. Solusinya periksa semua kabel yang terhubung, pastikan kabel tersebut terhubung dengan benar, kemudian cek panel control di menu pencetakan di computer dan pastikan printer yang akan anda pakai telah terpilih sebagai default printer yang akan mencetak. Periksa juga apakah ada perintah cetak yang tertunda , jika ada maka batalkan perintah tersebut lalu ulangi perintah pencetakan

2. Hasil Cetak Aneh / Berupa Karakter Aneh
Masalah biasa yang lain adalah hasil cetak yang penuh karakter aneh, simbol, atau format aneh. Hal ini karena driver printer inkjet Anda mungkin sudah ketinggalan zaman, tidak kompatibel dengan sistem operasi Anda atau file driver anda korup . solusinya adalah periksa driver printer anda dan pastikan sudah terinstall dengan benar. Jika masih tetap bermasalah maka sebaiknya anda install ulang.

3. Hasil Cetakan Tidak Tepat
Printer Anda kadang bermasalah dengan mencetak halaman penuh dengan garis-garis yang tidak diinginkan dan coretan warna yang salah. Hal tersebut bisa dikarenakan salah satu dari masalah berikut ini :
a. Jarak Allignment print head yang tidak sejajar:
kepala printer inkjet Anda tidak sejajar, yang akan mengakibatkan goresan, masalah ini bisa diperbaiki dengan menggunakan alat penyelarasan di panel kontrol printer Anda.
b. Printer kotor:
Jika garis-garis tinta muncul di sepanjang tepi halaman Anda, berarti tinta mengotori penggulung dan bagian kerja lainnya dari printer Anda. Hal ini bisa diselesaikan dengan pembersihan pada bagian yang kotor. Panduan manual printer inkjet menjelaskan bagaimana untuk membersihkan perangkat yang kotor atau cukup seka bagian terkontaminasi dengan kain kering bebas serat.

4. Warna Hilang
Printer head yang tersumbat akan menyebabkan campuran warna menjadi salah atau ada salah satu warna hilang. Anda bisa melakukan print head cleaning untuk membuat nya bekerja kembali secara normal atau menggunakan larutan pembersih print head macet. Jika cara tersebut tidak mengatasi masalah, langkah berikut ini mungkin diperlukan :
- Ganti Ink Cartridge: Tinta cartridge anda untuk warna tertentu mungkin sudah habis
- Ganti print head yang rusak : Jika print head Anda yang rusak, maka cukup mahal untuk membeli print head yang baru, anda mungkin mempertimbangkan untuk membeli printer baru.
Masalah diatas adalah hanya beberapa dari masalah yang paling umum yang mungkin timbul ketika menggunakan sebuah printer inkjet. Apabila pemecahan masalah di atas tidak membantu untuk mengatasi masalah Anda, maka Anda dapat menghubungi produsen atau kunjungi situs web produsen untuk bantuan tambahan.
Sekian Artikel tentang Tips Mengatasi Masalah Umum Pada Printer Inkjet. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Post

Ramalan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MOZZA TASK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template